An Instrumental Childhood

Masih dalam suasana lebaran, maaf lahir batin ya. Ada atau ngga ada yang baca blog ini, I apologize for any mistakes that I’ve made from the deepest of my heart.

Libur lebaran kali ini ya standar seperti biasa. Bolak-balik Jakarta Bogor dan harus ke Bandung di hari kedua lebaran. Macet pulak, tujuh jam aja dulu di jalan. Yuk mareeee.. Sekarang udah di Jakarta lagi, Pandu masih libur sampai hari Minggu nanti. Udah agak mati gaya sih, tukang jualan belum pada buka, yang udah pasti buka cuma mall. Masalahnya mall penuhnya ngga karuan, mau parkir aja susah. Zzzz… Jadi seharian di rumah terus.

Kalau udah bingung mau ngapain, ujung-ujungnya suka browsing ngga jelas. Apa juga dicari. Tadi ngga sengaja di homepage Youtube ada video choir gitu, nyambung ke Twilite Orchestra. Dari situ inget kalo gue pernah les biola. Flashback lagi kenapa bisa sampe les biola, karena almarhum Papa selalu “jejelin” Vanessa Mae.

Waktu kecil, sekitar kelas 4 atau 5 SD or even younger setiap hari Sabtu dan Minggu pagi Papa selalu punya cara untuk bangunin anak-anaknya. Dari mulai pasang kaset (masih jamannya kaset) ayat-ayat Al-Quran yang dibacain Syeikh Sudais (imam besar Masjidil Haram) sampe pasang VCD musik-musik instrumental dengan volume paling kenceng pake speaker. Serumah kedengeran, jadilah anak-anaknya kepaksa bangun.

But I thank him now, dari kebiasaannya itu gue tau Kitaro, Richard Clayderman sampai Vanessa Mae. The last name I mentioned akhirnya mendorong gue untuk les biola di kelas 1 SMP. Di usia SD itu gue betah nonton video konser Kitaro berulang-ulang for almost every weekend, diselang-seling sama Richard Clayderman, Vanessa Mae and of course not to forget Ebiet G Ade, Chrisye dan KLA Project. Dari kecil selera gue tuwir ya bok.. Sampe waktu nonton konser KLA Project tahun 2011 gue ditanya bapak-bapak sebelah gue “Kamu lahir tahun berapa? Kok nyanyi terus dari tadi?” karena emang gue ga berhenti nyanyi sepanjang konser.

Yang gue inget lagi, lagu Matsuri nya Kitaro selalu diputer paling sering. Setiap Minggu pagi, ga pake kompromi. Malah kayaknya seinget gue Papa bikin lagi satu kaset isinya lagu ini semua, alasannya supaya ga perlu rewind-rewind terus. Oh how I miss those casettes days… Anak sekarang ngerti ngga ya kaset itu apa?

Lain lagi sama cerita Richard Clayderman, setiap denger Richard Clayderman selalu berasa lagi di toko buku. Nothing beats nikmatnya duduk lama-lama di toko buku dengan backsound musik instrumental. Pergi ke toko buku jadi salah satu rutinitas mingguan favorit, karena cuma di toko buku gue bebas beli apa aja. Prinsip bokap gue, selama itu buku, ga ada yang perlu dibatasi. Gue rasa ini salah satu penyebab kenapa gue suka baca buku dan betah lama-lama di toko buku.

Gue agak ngga inget kapan persisnya suka Vanessa Mae. Yang gue inget, saat itu ngga ada lagi perempuan, muda, orang Asia, violis pula. Langsung terkagum-kagum gitu jadinya, pun pilihan alat musiknya biola masih agak jarang yang mainin saat itu. Sampe akhirnya bikin gue bilang mau les biola. Eh selain Vanessa Mae yang bikin gue mau les biola itu karena gue suka sama The Corrs, Sharon Corr, walaupun akhirnya cuma sempet les 3 tahun aja. Gue ngga tau sekarang masih bisa apa ngga, kemungkinan besar sih ngga.

Akhirnya sekarang gue bersyukur sih sama apa yang bokap gue “jejelin” waktu kecil. Berpengaruh sama selera musik gue ketika gue remaja lalu beranjak dewasa. Nanti kapan-kapan gue bikin mixtapenya deh… Well, thank you Papa for making my childhood a bit more musical than ever!

SIGNATURE copy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s